Taufiqjournal's

Coretan

*Coretankoe

Utopia Kedamaian

Kegelisahan seorang manusia dalam menatap kehidupan masa depan dunia yang telah diserang bertubi-tubi oleh krisis multidimensional sebuah tatanan kehidupan manusia yang semakin kehilangan substansinya. Kita akui manusia selalu dianggap makhluk sempurna didunia ini. Tetapi kini tinggallah sebuah patamorgana dari lajunya arus globalisasi tanpa filterisasi yang sempurna dalam mempertahankan sebuah idealisme manusia dimuka bumi.

Harapan akan sebuah kedamaian hakiki menjadi sebuah utopia yang paling mengerikan disepanjang tatanan kehidupan manusia masa depan. Dengan system sebagai sebuah hasil ciptaanya lambat laun dengan sendirinya akan menghancurkan dirinya sendiri. Moralitas tercerabut dari akarnya kemudian membusuk dan semakin ditinggalkan pemiliknya. Setelah itu manusia akan kembali kepada kehidupan ribuan abad sebelumnya yaitu bertindak layaknya beragam binatang pemakan rumput dan daging. Kegagalan sebuah peradaban kami sebut sebagai symbol untuk menggambarkan semua kondisi ini.

Langkah kita kemudian adalah bagaimana merekonstruksi kehidupan manusia saat ini? Tentunya memerlukan berbagai pertimbangan yang matang dan mudah untuk diaplikasikan. Semuanya kembali kepada manusia itu sendiri dalam menentukan pola seperti apa yang akan diciptakannya nanti.

Hal diatas tidak lepas dari berbagai komponen masyarakat dunia yang beragam. Terutama para actor intelektual atau akademisi yang paling berpengaruh dalam menanggulangi semua masalah ini. Sebuah tanggung jawab moral tersendiri yang seharusnya menjadi sebuah dasar berpijak mereka dalam mengemban tugas ini.

To be continue..

Eksplorasi Mazhab Kesejahteraan Sosial

Keunikan manusia akan heterogenitasisasi pemikiran yang sama-sama memiliki argumentasinya masing-masing merupakan khazanah keiolmuan yang berkembang tanpa henti, Sebagaimana sebuah agama yang berkembang dibelahan dunia timur tengah memiliki berbagai macam pemikiran yang kemudian menghasilkan berbagai mazhab atau aliran yang berbeda. Begitu juga dengan ilmu kesejahteraan social, ia memiliki berbagai aliran yang kemudian dijadikan referensi keilmuan mengenai kesejahteraan social itu sendiri. Adapun macam alirannya adalah: neo liberalisme, liberalisme, sosio-demokratis, dan sosialisme.

Jika kita amati satu persatu maka aliran ini memiliki kekayaan yang luar biasa pentingnya. Hal ini tentunya tidak terlepas dari aspek historisnya yang berbeda.

To be continue..

Proses Mutlak

Disadari atau tidak, manusia tidak terlepas dari sebuah proses yang mengalir diatas aturan mutlak alam. Semuanya mengalir indah dari berbagai arah tapi tetap memiliki substansi yang sama. Karena manusia tidak pernah terlepas dari sebuah ruang dan waktu sebagai ciptaan designer cerdas yang membuat kita terpesona dengan ciptaannya itu. Teknologi secanggih apapun juga kiranya tidak akan pernah menembus dan keluar dari zona tersebut. Disatu sisi manusia juga memiliki kemampuannya dalam mengendalikan lajunya prosesi itu. Tapi kebanyakan manusia tidak begitu sadar secara sempurna dalam menindaklanjuti prosesi yang semakin hari berjalan begitu cepat sesuai dengan geraknya manusia kemanapun dan dimanapun ia berada.

To be continue..

Tradisi Negeriku yang telah Mati

Tradisi budaya negeriku yang beraneka ragam lahir sebagai apresiasi manusia terdahulu yang biasa manusia sebut sebagai nenek moyang peradaban. Hingga kini tradisi tersebut masih dilakukan oleh banyak orang dari orang tua bahkan usia anakpun mereka ajarkan untuk melakukan tradisi yang mereka anggap benar itu.

Tradisi tidak lepas dari kondisi masyarakat itu berada sehingga membentuk frame berpikir manusia saat itu. Hasilnya adalah suatu sikap yang secara tidak disadari akan disepakati bersama oleh manusia yang telah terkontaminasi dengan kondisi masyarakat tersebut. Tradisi yang mengandung berbagai nilai spirit dari mulai spirit yang berdampak positif sampai spirit tradisi yang negative sekalipun terus berkembang dari masa kemasa.

Manusia dengan sifatnya yang dinamis cenderung mengalami perubahan dalam kehidupannya baik daripola pikirnya maupun pola hidupnya yang beraneka. Dan mereka cenderung merasa tidak puas dengan segala sesuatunya. Sehingga mereka akan terus mencari kepuasan tersebut dengan berbagai cara atau jalannya masing-masing. Hal ini yang biasa saya sebut dengan manusia yang kreatif. Begitu juga dengan tradisi sebagai salah satu buah dari kreatifitas manusia yang sangat unik.

Akan tetapi, dalam perkembangannya tradisi saat ini seperti telah tercerabut dari makna yang sebenarnya. Baik tradisi yang berbasis religi atau sebatas pikiran manusia yang materialistik. Semuanya tampak seperti sebuah benda yang tidak lagi memiliki jiwanya. Tradisi berjalan seiring waktu seperti tak jauh beda dengan sebuah alat mekanik tanpa makna yang dijalankan dengan sebuah proses yang telah ditentukan sebelumnya secara sakral.

To be continue..

Hadirku adalah ketiadaanku

Entah sampai kapan kepahaman tentang aku yang sebenarnya tercapai oleh segenap dimensi diri seorang manusia. Kini telah hadir seorang diri secara parsial telah sedikit menemukan kesadaran itu. Sebuah kesadaran sebagai salah satu makhluk kecil dari milyaran makhluk yang pernah hidup dimuka bumi ini tetapi ia memiliki potensi besar dalam proses perubahan sebuah tatanan kehidupan yang tidak pernah ada yang tahu kapan berakhir kecuali hanya sebatas praduga manusia yang terkadang bernilai benar atau tidak. Proses perubahan yang tidak terlepas dari sebuah system mutlak kehidupan. Definisi ada berakhir tiada, bagiku menjadi sebuah inspirasi tentang Kehadiranku merupakan salah satu symbol dari ketiadaanku.

To be continue..

Simbol Ekspresi

Terlepas dari semua tema dan judul dalam tulisan ini, merangkai atau tidak, sesuai dengan sistematisasi penulisan atau tidak, kami hanya ingin menulis lepas tanpa ada skat dari tradisi penulisan yang sedang berkembang saat ini. Keinginanku adalah sebuah obsesi murni yang lahir dari sehelai jiwa yang kering, kini meronta mencari suatu makna yang mampu menghidupkan kembali rumput yang semakin kering diterjang masa.

Apresiasi tulisan sebagai belahan jiwa untuk melampiaskan semua hasrat sehingga diharapkan mampu mencapai kepuasan jiwa yang sebenarnya. Kegelisahan manusia terhadap semua yang tampak atau tidak telah menjadi inspirasi kami dalam membongkar habis semua itu. Begitu juga dengan urgentitas tulisan sebagai simbolisasi pemikiran yang mau tidak mau kita harus berkecimpung dengan semua itu. Karena dunia kita saat ini adalah dunia yang penuh dengan symbol-simbol sebagai instrument komunikasi antara manusia dalam mentransformasiikan ideanya kedalam sebuah bentuk yang dianggap nyata bagi sebagian pihak.

To be continue…

Manusia dan Keterpenjaraan

Kelahiran seorang manusia ditengah arus globalisasi menjadi salah satu factor penting dalam terbentuknya sebuah pandangan hidup yang acap kali disesuaikan dengan situasi dan kondisi zaman agar mereka dapat survive ditengah kerumunan manusia dnegan sifatnya yang cenderung egosentristik.

To be continue…

Aktor Dunia yang Sempurna

Kehidupan merupakan ruang canda tawa yang kemudian berakhir beradasarkan aturan alam yang telah digariskan oleh sang pencipta. Manusia berdiri, melangkah, berlari, tidak lepas dari aturan yang telah digariskan secara mutlak. Semuanya begitu teratur dari sesuatu yang amat rumit dalam pandangan manusia seperti kita. Disatu sisi, mansia sebagai pemain dari teater ini telah diberikan sesuatu yang sangat istimewa sehingga makhluk ini mampu mengendalikan semuanya sesuai dengan berbagai keinginan yang hadir dalam dirinya.

Perjalanan seorang manusia akan beakhir terhadap sejauh hal yang telah dilakukannya baik secara sadar atau tidak….

Karakter manusia yang plural sebaiknya dipahami sebagai hiasan terindah yang telah tercipta dengan aturan mutlak sang pencipta. Mereka hadir untuk saling memberikan kontribusi bagi perkembangan dunia yang dikendalikan oleh berbagai makhluk sebagai actor sandiwara yang bermakna. Siapapun yang hidup tentunya memiliki hak untuk menempatkan posisi tersebut tanpa syarat. Manusia sebagai salah satu makhluk yang berpotensi lebih banyak dalam mengendalikan semuanya akan hadir bersama idea-idea uniknya dalam m emandang sebuah dunia.

To be Continue…

Makhluk Kata

Manusia telah diciptakan secara sempurna oleh sang pencipta, mereka difasilitasi semua hal yang sama sesuai dengan kebutuhanny masing-masing. salah satunya adalah mereka difasilitas mulut serta rangkaiannya yang secara beraturan sehingga memiliki fungsi yang sangat penting dalam menjalani kehidupannya dimuka bumi. Dengan inilah mereka mampu berkata-kata sebagai salah satu media komunikasi anatara manusia lainnya. Kini, kata bukan hanya sebagai pemanis dunia bahkan lebih dari itu, kata-kata mampu menjadi senjata paling ampuh dalam mentransformasikan keinginannya terhadap Sesuatu yang berhubungan dengan eksternalisasi dirinya.

Seorang manusia akan dibuat risih hanya dengan sebuah kata saja.

To be Continue…

Tinggalkan sebuah Komentar »

Belum ada komentar.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: